Selasa, 13 Januari 2009

serunya ngutang

Sadar ga sadar, ternyata budaya utang-utangan masih sangat dominan membudaya di masyarakat kita. Ga usah jauh jauh ngomongin masyarakat suku tartan (hah?), kita aja deh. Kalo posisi kamu sedang tidak kaya dan butuh duit lebih, apa yang kepikiran pertama kali? “ Minjem siapa ya?” seolah dijidat udah jelas ditempel “BUTUH PINJEMAN. HUBUNGI : 0856244133XX.
Biar orang ndeso bilang Jakarta kota metropolitan, ternyata jauh di kampung-kampung pelosok Jakarta sana masih banyak ‘mas karyo-mas karyo’ yang beredar buat sekedar kreditin panci atau ember. Cicilan selama 20 minggu, minggu ke empat panci udah penyok.

Saya bukan tipe orang yang suka berhutang. Saya cenderung play save dan bisa memperkirakan keadaaan keuangan saya dengan cukup baik. jika di rekening duit tinggal cukup buat makan seminggu, ya cukup tau diri aja…dan siap-siap minta ke bokap,huahaha.

Dari jaman jedot temen temen adaa aja yang pinjem duit. Dan saya tipe yang ga tahan buat ga minjemin. Apalagi kalo itu temen deket dan kebetulan duitnya ada (biarpun tadinya buat kebutuhan lain)
Saya pernah lagi dalam situasi yang agak aneh. Suatu hari saya pengen banget beli sesuatu. Sayangnya duit di rekening kurang beberapa ratus ribu. Karena tanggal gajian masih lama yaaa jangan berharap banyak dong? Akhirnya saya muter otak. Oh! Ternyata ada beberapa temen saya yang masih punya utang. Segeralah saya smsin, “ Heh dodol. Utang kapan mau bayar nih? Kawanmu ini lagi butuuuuuh,” gitu kira-kira isinya.
Yang satu bales “aduduh. Gw lagi cacar nih, ga bisa kemana-mana,gimana dong?” yaa masa gw tega nyeret-nyeret sama temen yang lagi nanahan kena cacar? Sedangkan yang satunya lagi ga bales sama sekali. Mungkin dia lebih memilih cekakakan liat saya pontang panting cari duit saya balik,soalnya saya juga suka gitu sih,huhaha.
Tau tau, hp saya bunyi ada sms masuk. Saya udah seneng aja tuh kirain ada yang akan bales, “udah gw transfer,”
Ternyata bukan. Isinya “Del, lu ada duit ga 1 milyar (boong banget )? Pinjem doong?”
Huwahahahhahaaa.
Tapi yang gelinya lagi, saya bales “ada sih segitu mah (lebih boong lagi). Ngirim kemana nih?”
Akhirnya hari itu saya dengan sukses tidak menerima uang tapi malah ngeluarin uang. Bodong banget.

Kalo urusan balikin duit, para peminjam itu kadang-kadang suka berubah jadi pikun. Selama ga ditagih, jangan harap duit bisa balik secepatnya. Sukur sukur kalo yang minjemin lupa, lumayan duitnya buat makan dodol. Apalagi mahasiswa. Urusan udah kaya,itu belakangan. Hutang tetaplah hutang yang kalo bisa sebelum mati aja bayarnya. Ya ga?
Temen saya yang sekarang udah kerja di salah satu stasiun TV paling seru ini aja misalnya. Jam terbang dia udah sangat tinggi, pasti gaji pun ikut naek dong. tapi utang jaman kuliah tetep aja ga dibayar. Atau peminjam barusan, sebelumnya dia udah janji akan balikin tanggal sekian, dan sampe belum diingetin, dijamin ga akan bayar!

Setelah sekian lama, saya juga ketularan buat utang-utangan. Wujudnya bukan duit, tapi pulsa. Saya mulai ketagihan ngutang pas beli pulsa ke mba Lucu (bukan nama sebenernya,kelucuan!) tinggal sms minta diisiin, dalam beberapa detik pulsa sampai. Tak perlu ke kios, tak perlu kena hujan dan panas, perkara beres. Seminggu kemudian, pulsa kemaren belum dibayar, udah ngutang lagi. Gitu aja terus sampe berminggu-minggu. Dan sayapun baru sadar, saya tidak berniat bayar sama sekali kalo tidak ditagih.

kita emang punya budaya tidak akan pernah punya rasa malu jika tidak dipermalukan.
Idealnya, ketika seseorang punya duit untuk mengembalikan hutang tersebut, ya dibalikin dong. Tapi jauh di hati kecil kita, pasti ada yang bilang “jangan bayar dulu kali yah? Moga-moga lupa dia..hehehe..”

Akhirnya, dengan penuh sadar saya pun berniat bayar hutang pulsa saya yang berjibun.
“mba lucu, utang pulsa aku berapa? Aku transfer yah,” sms saya.
“oh utang? Nanti deh yaaa…gampanglah…santai, bisa diatur itu mah!” kata mba Lucu.

Oke, tambah satu kasus. Orang Indonesia suka ga enakan kalo mau dibayarin utang. Makanya jadi keenakan. Hahahaha. (jleb jleb jleb)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice words!!! love it!

Anonim mengatakan...

Yeah, cool!