Kamis, 19 Februari 2009

pemberdayaan pribadi

Suatu hari, saya pernah mengikuti kelas yang sangat menarik. Nama kelasnya pemberdayaan pribadi dengan Anita Kastubi (penulis dan praktisi periklanan) sebagai dosennya. Kelas itu boleh diakui sangat berbeda dengan kelas mata kuliah pada umumnya. Dari awal si dosen menerapkan bahwa, ini adalah obrolan self motivate belaka, jangan anggap kaya kuliah karena akan berakhir bored.

Selama 6 bulan, anak kelas yang memang cuman 9 orang bisa mendapat threat motivate yang bisa dibilang secara personal. Masing masing dari kita dituntut untuk menggali, apa yang sebenarnya menjadi goal buat kehidupan nanti, lalu selamatlah kepada mahasiswa yang meski sudah berkepala dua tapi belum ingin memperhatikan keinginan masa depannya alias begajulan, untuk memikirkan kembali “mau jadi apa sih gw?”. kalo engga, ya siap-siap dibilang tidak cerdas mean ngulang, hihihi.

Tapi, real, tugas-tugas mengungkap keinginan sendiri menurut saya merupakan tugas kuliah yang langsung terasa dampaknya. Ketika kamu tidak pernah terpikir ingin jadi apa, dan berusaha menuliskannya, itu akan menjadi beberapa tingkat pencerahan yang cukup rumit tapi terasa.

Coba aja lo.

Tulis bayangan kamu sepuluh tahun lagi akan jadi apa. Dan mungkin step untuk mencapai itu.

besok pagi kamu akan terkagum-kagum membaca tulisan kamu sendiri, Seburuk apapun tulisan itu.

Puncaknya pas pertemuan terakhir, Anita memberikan kita permainan yang cukup kocak. Bukan petak umpet sih. Tapi permainan amplop, ada yang pernah denger? Masing-masing dari kita yang sudah duduk melingkar akan mendapat satu amplop dan kertas putih. Amplop itu, wajib diberi nama lengkap,lalu masukan kertas (yang sebelumnya sudah ditulis dua kolom : positif dan negatif) kedalamnya. Lalu berikan amplop kepada teman disebelah kanan, dan terima amplop dari teman disebelah kiri. Lalu tulis masing-masing 3 sifat negatif dan positif teman kita sesuai nama yang tertera di amplopnya, dengan jangka waktu satu menit. gituuu terus sampai pada akhirnya amplop kita akan kembali ke tangan kita. Dan taraaa..kamu akan dengan takjub membaca deretan sifat positif dan negatif dari teman teman kamu! Dan dosennya ikut loh permainan ini, jadi yang punya dendam bisa langsung maki-maki aja disitu :D

Lets try with your buddys!!

3 komentar:

Miu mengatakan...

Oh god. Just inspired me. Hahaha

wini mengatakan...

trus..trus....apa hasilmu del del...kayanya gw rasa temen2 lu bingung mu isi di kolom positif or negatif kan sifat2 lu ada di area abu2....hihihi...:p

mail mengatakan...

inspiratif